Niat


Niat yang benar adalah penting ketika mengenakan kain Ihram untuk Haji dan Umrah. Niat dibuat berdasarkan jenis Haji/Umrah yang akan dikerjakan.

1. Haji Ifrad

Niatnya:

اللهمَ إنّي نَوَيْتُ الحَجَّ فَيَسّرْهُ لي وتَقَبَّلْهُ مِنّي

Allaahumma innii nawaytu al-Hajja fayassirhu lii wa taqabalhu minnii

Ya Allah, aku berniat melakukan haji, maka mudahkanlah bagiku dan terimalah ibadah ini dariku.

2. Umrah

Bila hanya Umrah niatnya adalah:

اللهمّ إنّي نَوَيْتُُ العُمْرَةَ فَيَسّرْها لي وتَقَبَّلْها مِنّي

Allaahumma innii nawaytu al-`Umrata fayassirhaa lii wa taqabalhaa minnii

Ya Allah, aku berniat melaksanakan umrah, maka mudahkan bagiku dan terimalah ibadah ini dariku.

3. Qiran

Untuk gabungan Haji dan Umrah niatnya adalah:

اللهمَ إنّي نَوَيتُ الحَجَّ والعُمْرَةَ فَيَسّرْهُما لي وتَقَبَّلْهما مني

Allaahumma innii nawaytu al-Hajja wal-`Umrata fayassirhumaa lii wa taqabalhummaa minnii

Ya Allah, aku berniat untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umrah, maka mudahkanlah keduanya bagiku dan terimalah kedua ibadah itu dariku.

Lalu ucapkan:

نَويتُ الأَرْبَعِين، نويتُ الإعْتِكاف نويتُ الخَلْوَة نَوَيتُ العُزْلَة، نَويتُ الرّياضة

نويتُ السُّلوك، للهِ تَعالى

Nawaytu ‘l-arba’in, nawaytu ‘l-`itikaf, nawaytu ‘l-khalwah, nawaytu ‘l-`uzlah, nawaytu ‘r-riyadhah, nawaytu ‘s-suluk, lillahi ta’ala al-‘Azhim.

Demi berkah, aku berniat 40 (hari mengasingkan diri), aku berniat untuk beritikaf, aku berniat khalwat, aku berniat mendisiplinkan (ego), aku berniat mengadakan perjalanan di jalan Allah, demi Allah Yang Maha Agung.

Aku berniat melaksanakan Haji atas namaku sendiri dan keluargaku dan atas nama seluruh umat Nabi (s). Jika Allah (swt) dengan Kemurahan-Nya, menganugerahi aku dengan menerima ibadah Hajiku ini, aku persembahkan fadilah ini pada Nabi (s) dan seluruh 124.000 nabi dan rasul-Nya, pada para Sahabat, para Awliya, pada Imam Mahdi (a) dan pada para Syekhku. Aku membagi seluruh pahala yang Dia berikan padaku dengan Kemurahan-Nya bagi seluruh umat Nabi (s) tanpa seorang pun tertinggal.